Kamis, 03 November 2016

Dampak Dan Bahaya Penggunaan Narkoba Bagi Kesehatan

Dampak Dan Bahaya Penggunaan Narkoba Bagi Kesehatan - Narkoba merupakan salah satu pembunuh terbesar di dunia. Banyak yang mati sia-sia karena kecanduan narkoba. Oleh sebab itu, penting untuk anda sedikit banyak informasi tentang narkoba dan juga dampaknya. Dengan begitu, setidaknya anda bisa mencegah dan membantu mereka yang berpotensi masuk ke jurang mematikan bernama narkoba.

Narkoba atau singkatan dari narkotika dan obat-obatan berbahaya sekarang ini telah banyak disalahgunakan oleh masyarakat khusus di indonesia. Terutama remaja, padahal mayoritas pengguna telah mengetahui dampak buruk dari penyalahgunaan narkoba, tetapi hal tersebut tidak dihiraukan oleh para penggunaan obat terlarang ini. Bahaya narkoba tidak hanya berpengaruh pada fisik saja tetapi bisa menganggu mental atau jiwa pecandunya.


Pengaruh buruk negatif narkoba terhadap kesehatan penggunanya juga tidaklah bisa dianggap sepele. Untuk itu penting untuk mengetahui hal-hal yang terkait dengan penyalahgunaan narkotika ini oleh kita semua. Tanda gejala kecanduan pemakaian narkoba juga perlu untuk diketahui dan dipahami. Semuanya ini kita lakukan dalam rangka mencegah penggunaan narkoba di kalangan pelajar yang mungkin masih kerabat kita sendiri, agar mereka tidak terjerumus lebih dalam dan jauh lagi pada penyalahgunaan narkoba yang sangat merugikan ini.

Pengaruh dan dampak penggunaan narkoba yang merusak kesehatan baik itu merusak kesehatan secara fisik maupun kesehatan secara mental psikologis akan sangat besar pengaruhnya pda kehidupan masa depan yang sang penggunanya itu sendiri. Bukannya masa depan yang cerah bisa diraih, tetapi masa depan yang kelam akan menghantui para pengguna narkoba yang tidak menghentikan kebiasaan buruknya tersebut.

Narkoba ini mempengaruhi syaraf, yang mengakibatkan ketagihan, dan ketergantungan. Dari ketergantungan inilah bahaya narkoba akan mempengaruhi fisik, psikologis, maupun lingkungan sosial. Bisa dibilang, narkoba ini bersifat merusak. Dengan penggunaan berlebihan, bahaya narkoba sangat tampak untuk tubuh.

Pecandu narkoba juga bisa mengalami gangguan mental dan kejiwaan. Sebenarnya narkoba ini merupakan senyawa-senyawa psikotropika yang biasa digunakan dokter atau rumah sakit sebagai obat untuk membius pasien yang mau dioperasi atau sebagai obat untuk penyakit tertentu, tetapi persepsi tersebut disalah artikan akibat penggunaan di luar fungsinya dan dengan dosis yang diluar ketentuan.


Dampak penyalahgunaan narkoba pada seseorang sangat tergantung pada jenis narkoba yang di pakai, kepribadian dan situasi atau kondisi pemakai. Decara umum, dampak kecanduan narkoba dapat terlihat pada fisik, psikis maupun sosial seseorang.

Ada beberapa bahaya yang sangat mengerikan yang wajib kita ketahui tentang penggunaan narkoba ini, diantaranya : Merusak sistem pernapasan, merusak sistem peredaran darah, menyebabkan gangguan sistem saraf pusat, menyebabkan disfungsi hati, merusak sistem imun dalam tubuh, gangguan pada kulit, gangguan sistem reproduksi, perubahan fungsi otak, dan merusak mental.

Tanda-tanda seseorang kecanduan akan obat-obatan narkotika ini bisa dikenali baik secara fisik maupun perilaku para penggunanya, berikut ada beberapa tanda ciri pecandu narkoba dan juga jenis narkoba yang di pakai, diantaranya :
  •  Pecandu Daun ganja
Cenderung lusuh, mata merah, kelopak mata mengatup, doyan makan karna perut merasa lapar terus dan suka tertawa jika terlibat pemebicaraan lucu.
  • Pecandu Putauw 
Sering menyendiri di tempat gelap sambil dengar musik, malas mandi karena kondisi badan selalu kedinginan, badan kurus, layu serta apatis terhadap lawan jenis.
  • Pecandu Inex atau Ekstasi 
Suka keluar rumah, selalu riang jika mendengar musik, wajah terlihat lelah, bibir pecah-pecah dan badan berkeringat, sering minder setelah pengaruh inex hilang.
  • Pecandu Sabu-sabu
Gampang gelisah dan serab salah melakukan apapun, jarang mau menatap mata jika diajak berbicara, mata sering jelalatan, karakternya dominan curiga, apalagi pada orang yang baru dikenal, badan berkeringat meski berada di dalam ruangan ber-AC, suka marah dan sensitif.

Baca Juga : Obat Alami Kecanduan Narkoba

Pengguna akan menaruh kepentingannya untuk menggunakan narkoba diatas segala-galanya. Narkoba menjadi jauh lebih penting daripada istri, suami, pacar, anak, orangtua, sekolah, pekerjaan, dan lain sebagainya. Pengguna narkoba juga akan berhentu melakukan aktivitas-aktivitas yang biasa ia lakukan sebelum tenggelam dalam penggunaan narkobanya.

Pengguna narkoba juga akan meninggalkan hobi-hobinya, menjalani aktivitas normal seperti sekolah, kuliah, atau bekerja seperti biasa. Pengguna juga akan menjauhi keluarga dan teman-temannya, dan mencari teman-teman baru yang dianggap sama dengannya, yang dianggap dapat memahaminya dan tidak akan mengganggu ketika ia menggunakan narkoba.

Dampak fisik, psikis dan sosial behubungan erat. Ketergantungan fisik akan mengakibatkan rasa sakit yang luar biasa (sakaw) bila terjadi putus obat (tidak mengonsumsi pada waktunya) dan dorongan psikologis berupa keinginan sangat kuat untuk mengkonsumsi (sugesti). Gejala fisik dan psikologis ini juga berkaitan dengan gejala sosial seperti dorongan untuk membohongi orang tua, mencuri, pemarah, manipulatif, dan lain-lain.

Penggunaan narkoba juga akan merusak semua kehidupan anda, lingkungan sekitar, keluarga, orang tua, anak, semua akan menjauhkan anda jika anda terus menerus mengkonsumsi obat terlarang ini. Maka untuk itu hindari pergaulan bebas yang bisa membuat anda terjerumus kedalam dunia yang gelap ini, dan jangan pernah untuk mencobanya walau itu hanya sekali. Jaga kesehatan tubuh anda dan jangan pernah mencoba untuk merusaknya dengan narkoba.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar